Tuesday, December 24, 2013

Vitamin dan Mineral

Tubuh memerlukan nutrien yang cukup untuk menyediakan keperluan energi yang diperlukan setiap hari. Nutrien terdiri dari karbohidrat, lemak dan protein dalam proporsi yang bervariasi.


Berat badan yang konsisten dalam keadaan keperluan energi yang tidak terganggu, menunjukkan seseorang mendapat dalam nutrien secukupnya. Pada keadaan energi yang setimbang (energy equilibrium), pemasukan energi harus sama dengan penggunaannya. Energi yang diperlukan oleh tubuh sangat tergantung pada kecepatan metabolisme asas, kesan termoginik, aktiviti fizikal serta suhu sekitar.




Kita pasti sudah faham akan pentingnya peranan vitamin dan mineral bagi tubuh kita.Manfaatnya banyak sekali untuk tubuh manusia.seperti:
  • Meningkatkan daya tahan tubuh terhadapa penyakit dan infeksi
  • Meningkatkan stamina dan vitalitas tubuh dengan memberikan energi ekstra
  • Mencukupi kebutuhan zat gizi setiap harinya agar tubuh selalu sehat
  • Mendukung proses pertumbuhan tubuh
  • Membantu menormalkan proses metabolisme dalam tubuh
  • Membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan pernafasan
  • Membantu mengatasi stress serta mengatasi kelelahan,letih dan lesu
  • Sebagai antioksidan untuk menangkal dan menetralisir efek radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan serta melindungi tubuh dari efek degeneratif akibat proses penuaan.
Persamaan Vitamin dan Mineral:
  • Terdapat dalam jumlah kecil dalam makanan
  • Dibutuhkan dalam jumlah yang kecil dalam tubuh
  • Sama-sama bukan sumber energi
  • Terlibat dalam metabolisme karbohidrat,protein dan lemak
Berikut ini beberapa jenis Vitamin dan Mineral berikut peranannya bagi tubuh kita.
1.Vitamin A
Berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi dari penyakit kanker (Paru-paru,payudara,prostat dan cerviks) dengan cara membersihkan dan menetralkan efek radikal bebas yang merupakan salah satu faktor pencetus kanker.Selain itu juga melindungi tubuh dari penyakit jantung dan stroke,mencegah terjadinya penyakit autoimmune,mempercepat penyembuhan luka,menjaga kesehatan mata dan kulit,memperbaiki fungsi mental dan berperan dalam masa pertumbuhan serta mencegah pertumbuhan jamur (Candidiasis).
2.Vitamin C
Berperan untuk pembentukan Kolagen(protein yang menjadi bahan dasar jaringan ikat seperti tulang,gigi dan tulang rawan),mempercepat penyembuhan luka,menjaga kesehatan sistem imunitas dan sistem saraf,sebagai antioksidan untuk membantu mencegah penyakit,mencegah berbagai macam penyakit kardiovaskular,tekanan darah tinggi,kanker,katarak diabetes,asma dan infeksi,pertumbuhan dan perbaikan jaringan serta menjaga kesehatan gusi,produksi hormon anti stres dan interferon(Antivirus tubuh),diperlukan dalam metabolisme asam folat (folic acid),tyrosine dan phenylalanine,melindungi tubuh dari efek polutan yang merugikan,membantu mencegah kanker,melindungi dari infeksi dan meningkatkan imunitas,meningkatkan penyerapan zat besi,mengurangi kolesterol tinggi,dan tekanan darah tinggi dan mencegah atherosclerosis.
Vitamin C dapat bekerja secara sinergis dengan vitamin E untuk membersihkan efek radikal bebas berbahaya yang masuk melalui membran sel sementara vitamin C menyerang radikal bebas yang masih terdapat dalam Cairan tubuh (belum masuk melalui membran sel).Kekurangan vitamin C menyebabkan Scurvy (gusi berdarah),luka yang sulit sembuh,sakit pada persendian,kulit kering dan depresi.Dosis tinggi dapat menyebabkan diare,pusing,kram perut.
3.Vitamin D
Berperan meningkatkan penyerapan dan penggunaan Calcium dan phospor dalam saluran pencernaan yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi terutama pada anak-anak,mengatur beberpa fungsi hormon,pertumbuhan dan kematangan sel-sel tubuh yang normal,mencegah osteoporosis,osteoartritis,psoriasis,Hypocalcemia,melindungi dari kelemahan otot dan terlibat dalam pengaturan detak jantung serta penting dalam proses penggumpalan darah yang normal.
Kekurangan vitamin D dapat menimbulkan ricketsia pada anak-anak dan Osteomalasia pada orang dewasa.dapat meningkatkan Osteoporosis.artritis,kanker,penurunan selera makan,diare,insomnia (sulit tidur),gangguan penglihatan dan penurunan berat badan.Dosis tinggi dapat menimbulkan diare,luka pada mata,penumpukan kalsium dalam pembuluh darah,paru-paru dan ginjal,konstipasi,sakit kepala,pusing-pusing serta batu ginjal.
4.Thiamine
Berguna untuk meningkatkan sirkulasi dan pembentukan sel darah merah,metabolisme karbohidrat dan asam lemak,produksi asam hidroklorat yang penting untuk proses pencernaan,pertumbuhan normal,kesehatan kulit,darah,rambut,otot,sistem saraf dan meningkatkan fungsi kognitif otak serta fungsi mental,metabolisme alkohol,mengatasi kelelahan (fatigue),iritasi,depresi,memperbaiki pencernaan.
Thiamine juga mempunyai efek positif  dalam produksi energi,pertumbuhan,selera makan,kapasitas belajar,kerja otot perut dan jantung.Kekurangan Thiamine dapat menimbulkan kelelahan (fatigue),depresi,konstipasi,penurunan fungsi mental,kram otot,pembesaran jantung dan liver serta penyakit beri-beri.Dosis tinggi walaupun jarang terjadi dapat menimbulkan sakit kepala,iritasi,insomnia dan hypertiroidism.
Sumber: http://sedanten-herbal.net/peranan-vitamin-dan-mineral-bagi-tubuh/


Berminat dengan produk ini sila hubungi

Dr. Norizan Ahmad
ID Shaklee: 811511
SMS/Whatsapp: 012 978 0369
Email: norizan.ahmad58@gmail.com
Facebook: https://www.facebook.com/pages/Sihat-dgn-Shaklee

No comments:

Post a Comment